Rabu, 14 September 2016

Artikel Itu Lebih Penting SEO Friendly Atau HUMAN Friendly?

Artikel Itu Lebih Penting SEO Friendly Atau HUMAN Friendly?

Sebelumnya, istilah artikel yang SEO friendly memang sangat diutamakan oleh para blogger. Hal tersebut sangat wajar mengingat artikel yang SEO Friendly akan meningkatkan traffic suatu blog dengan cukup baik. Tapi sekarang, terdapat istilah baru dalam dunia blogger. Istilah tersebut bernama human friendly yang cukup banyak diperhatikan oleh para blogger. Sebelum membahas lebih jauh tentang kedua istilah ini, mari kita ulas terlebih dulu pengertian secara jelas nya.


Artikel SEO Friendly
Secara lebih mudah, SEO friendly atau Search Engine Optimization Friendly memiliki pengertian bersahabat dengan optimasi mesin pencari. Jadi, tips mendapatkan hati pembaca melalui cerpen artikel yang SEO friendly pastilah disukai oleh mesin pencari sehingga akan ditempatkan pada urutan pertama. Untuk membuat artikel SEO friendly, ada beberapa patokan yang biasanya sudah dipahami oleh setiap blogger.

Patokan tersebut terletak padapenempatan jumlah keyword, density, dan penambahan sub heading. Sebenarnya, masih banyak patokan lain untuk membuat sebuah artikel SEO friendly. Tapi memang, patokan ini berbeda bagi masing masing blogger dan sulit untuk mencari tau patokan mana yang paling tepat.

Artikel HUMAN Friendly
Jika artikel SEO friendly memiliki arti bersahabat dengan optimasi mesin pencari, artikel human friendly memiliki arti bersahabat dengan manusia. Jadi singkatnya, artikel tipe ini akan disukai oleh para pembaca karena isi yang dimilikinya. Sama seperti artikel SEO friendly, tipe artikel ini juga memiliki beberapa patokan yang perlu dipahami oleh para penulis.

Tetapi bedanya, patokan ini lebih mudah dari artikel SEO friendly. Itu karena, seorang penulis hanya perlu membuat artikel dengan isi menarik, padat,  dan juga informatif bagi para pembaca. Tapi sekarang, tipe artikel ini sering kali diabaikan oleh para penulis karena mereka lebih memilih untuk membuat artikel yang bersahabat dengan optimasi mesin pencari.

Jadi Lebih Penting SEO Friendly atau HUMAN Friendly ?
Jika dikatakan tipe artikel yang lebih penting di antara keduanya, tentulah akan menjadi suatu perkara sulit. Setiap penulis pastilah menginginkan artikelnya bertipe SEO friendly juga HUMAN friendly.Tapi bagi beberapa orang, memang sangat sulit untuk menggabungkan kedua tipe ini dalam satu artikel. Jadi jika berada dalam posisi harus memilih, tipe mana kah yang lebih penting?

Untuk menjawab pertanyaan itu, mari kita ulas penalaran logis berikut ini. seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, telah dibahas jika artikel SEO friendly memiliki patokan berupa jumlah keyword, density, penambahan sub heading, dan masih banyak yang lainnya. Tapi, ada satu patokan lain pada optimasi mesin pencari yang jarang dipahami oleh banyak orang.

Patokan tersebut berupa seberapa sering sebuah artikel dibaca dan di share pada pembaca lain. Sebuah mesin pencari pastilah menempatkan artikel dengan banyak pembaca pada halaman teratas. Memang, artikel SEO friendly akan berada di halaman atas. Tapi posisi itu tidak akan bertahan lama jika artikel nya tidak memiliki kualitas yang bagus.

Itu karena, posisinya akan tergeser oleh artikel bertipe HUMAN friendly yang lama kelamaan akan ditempatkan pada urutan pertama karena memiliki kualitas bagus dan jumlah pembaca yang banyak. hal ini sebenarnya terus terjadi walaupun kebanyakan orang tidak berpikir hingga kesini dan hanya memikirkan untuk berada di halaman teratas untuk sementara waktu.

Jadi singkatnya, artikel HUMAN friendly pastilah bersifat SEO friendly karena lama kelamaan akan ditempatkan pada halaman teratas oleh situs mesin pencari. Tetapi, artikel bertipe SEO friendly tidak selalu memiliki sifat HUMAN friendlyjika penulisnya tidak membuat tulisan yang informatif, menarik, dan padat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar